Minggu, 10 Februari 2013

Gong Xi Fa Cai

Tahun Baru China atau Tahun baru imlek  adalah  hari yang paling istimewa untuk masyarakat China. Seperti halnya Tahun Baru Hijriah untuk umat islam tapi kalo saya asumsikan suasananya malah lebih seperti hari raya Idul Fitri, karena semua keluarga akan pulang dan berkumpul bahkan di dataran China juga ada tradisi mudik seperti di Indonesia. Jadi suasananya akan sangat meriah.
Yang paling sibuk adalah para orang tua yang sudah lanjut dan masih melaksanakan tradisi imlek yang kental, akan sangat repot sekali.
Adapun beberapa  kevoasaan yang harus dilakukan menjelang Tahun Baru Imlek.
@. Bersih-bersih
semua harus di bersihkan dari kolong ranjang sampai lemari yang diatas sendiri. Intinya dari lantai sampai atap harus bersih.
Bahkan tembok pun kalo tidak dicat ya harus dilap bersih. Mereka yakin kalo rumah bersih, keberuntungan akan lebih mudah menghampiri.
@. mengubah tata ruang
Yang tadinya sofa ada di utara di pindah ke selatan pokoknya harus diubah.  jadi biar kellihatan fresh, juga menghiasi ruangan dengan beberapa kata bijak yang berwarna merah. yang juga masih berkaitan dengan keberuntungan.
@. Pakaian baru atau perabot baru
maksudnya agar tetap optimis menghadapi masa depan. Tetapi bukan hanya baju baru, kebanyakan mereka yang sudah lanjut usia hanya akan mengganti perabot atau peralatan baru, seperti, sapu, keset pintu, handuk, taplak meja. Seperti halnya umat Islam diisaat menjelang Lebaran.
@. Angpao, Hong bao atau Lesy
Tradisi ini yang paling di tunggu anak-anak. Bagi mereka yang sudah menikah atau berkeluarga wajib membagikan hongbao. yang bermakna berbagi rejeki  pada anak dan orang tua. bagi mereka yang mampu pun di ajarkan untuk berbagi.
@. Menyajikan makanan khusus
Permen keberuntungan, lapis legit, kacang, dan sejenisnya. dan yang paling istimewa adalah makanan vegetarian di hari pertama Imlek yang terdiri dari jamur kering, kacang, bihun, sayur putih, jamur rambut, tahu goreng, kurma kering. yang dimasak  jadi satu.
@. Dilarang menyapu
Dihari H Imlek dilarang menyapu dan aktivitas bersih-bersih lainnya. karena bermakna akan bisa menghilangkan  seluruh berkah  tahun baru.
Itu yang saya tahu, dan saya alami selalu setiap menjelang Tahun Baru Imlek.
KUNG HEI FAT CHOI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar